yukberbagi!


The right cloth in the right place
23/02/2010, 4:12 am02
Filed under: catatan saya | Tags: , , ,

Saya bukan pemerhati trend, apalagi pecinta mode.

Namun saya jadi terusik dengan yang namanya saltum (salah kostum)

Ketika ramai-ramai orang berbicara tentang foto perempuan berbikini, saya cuma bertanya tiga hal :

Dimana ia berbikini?

Yang berbikini usia berapa?

Bodynya oke nggak untuk berbikini?

Karena…berbikini di lokasi pantai atau kolam renang, ya memang sudah sewajarnya.

Kalau berbikini ke kantor atau mal, bolehlah dipertanyakan… baca selengkapnya



Dua huruf ~HU
11/02/2010, 4:12 am02
Filed under: catatan saya | Tags: , , , ,

Suatu pagi, di kelas 1 sebuah sekolah.

“Aku…aku mau, bu!”suara Paijo, anak laki-laki yang duduk paling depan keras terdengar ketika ditanya gurunya, siapa yang bisa mengerjakan soal di papan tulis. Tapi…lebih keras lagi suara-suara lain menyambut, “sok..emang kamu bisa…” yang lain meningkahi,”aku saja…aku saja!” dan seperti koor, tiba-tiba semua berteriak ”Huuuuuuu.!!!!!!!!!” saat Paijo maju ke depan, mencoba mengerjakan soal.

Sang guru berusaha menenangkan,”Kalian nggak boleh seperti itu!” yang ternyata tak mampu menenangkan.

Tetap saja suara “Huuuuuuuuuu!!!!!!” terus membahana sampai Paijo kembali duduk di tempatnya.

Siangnya, di kelas 1 sebuah sekolah.

Terdengar bisik-bisik saling mengejek di salah satu pojokan kelas. Yang kemudian diakhiri dengan isak tangis salah seorang pelakunya. Kembali suara kelas seperti koor, “Huuuuuuuuu!!!! Cengeng!!!” baca selengkapnya



Sosialisasi tanpa mispersepsi
02/02/2010, 4:12 pm02
Filed under: catatan saya | Tags: , , , ,

Ketika kembali dari sebuah penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Seksual di desa Sidatapa, sebuah desa di pelosok gunung daerah Singaraja, Bali; saya membawa serta sebuah bulletin terbitan lembaga penanggulangan AIDS yang memuat data statistik ODHA (orang dengan HIV/AIDS) sampai periode akhir 2008 di Bali. Saya terhenyak mendapati bahwa daerah yang baru saya kunjungi beserta teman-teman LSM ini ternyata menduduki peringkat kedua teratas dari seluruh ODHA yang terdeteksi di propinsi ini.

Keterhenyakan itu menjadi tanda tanya besar, ketika melihat begitu besar antusiasme peserta yang hadir dan didominasi kaum perempuan ini. Terbersit pikiran, ‘kalau antusiasme dan keingintahuan orang mengenai kesehatan reproduksi dan seksual ini begitu besar, mengapa tidak sering saja diadakan penyuluhan ke desa-desa di daerah ini?’ Dan tentu yang menjadi pemikiran selanjutnya adalah dengan banyaknya informasi, mudah-mudahan kesadaran sebagai upaya pencegahan HIV/AIDS di daerah ini makin meningkat.

Namun harapan ini sedikit pupus ketika mendengar upaya teman-teman LSM untuk masuk ke pelosok-pelosok desa terkendala banyak hal. Mulai dari masalah birokrasi sampai dengan hal yang menurut saya sungguh tidak masuk akal, yaitu ketika ada tokoh setempat yang begitu pongahnya mengklaim bahwa tidak mungkin ada penduduk di desanya yang terinfeksi atau malah mengidap penyakit menular seksual tertentu. baca selengkapnya



autis, asd dan putera saya
02/02/2010, 4:12 am02
Filed under: ngalamin sendiri | Tags: , ,

(sudah diedit dari catatan di FB ku)

“tanpa bermaksud apa-apa……atau menyinggung siapa-siapa”

Autis…kata dengan banyak persepsi….
‘eh autis lo…BB-an aja…FB kan aja… —- utk org yg sibuk BB dan FB
‘dia aneh ya…ga mau bergaul….ga mau kontak mata…autis kali…!!!!—-utk org yg tampak beda
dan kesulitan sosialisasi
‘wah kalo autis udah berat…sekolah kami nggak bisa terima…. —- utk anak yang belum bisa
ngomong, tampak aneh dan
dalam dunianya sendiri
‘kamu kok jadi autis —- julukan untuk org yg tiba-tiba
menyendiri dan ga peduli sama
yang lain

Autis adalah momok bagi orang tua…label menakutkan bagi sebagian orang karena merasa…
autis adalah akhir dari segalanya, masalah dari segala masalah. baca selengkapnya