yukberbagi!


The right cloth in the right place
23/02/2010, 4:12 am02
Filed under: catatan saya | Tags: , , ,

Saya bukan pemerhati trend, apalagi pecinta mode.

Namun saya jadi terusik dengan yang namanya saltum (salah kostum)

Ketika ramai-ramai orang berbicara tentang foto perempuan berbikini, saya cuma bertanya tiga hal :

Dimana ia berbikini?

Yang berbikini usia berapa?

Bodynya oke nggak untuk berbikini?

Karena…berbikini di lokasi pantai atau kolam renang, ya memang sudah sewajarnya.

Kalau berbikini ke kantor atau mal, bolehlah dipertanyakan…

Siang ini, saat hujan deras menyapu teriknya matahari sedari pagi, saya sedang di kantin sebuah kolam renang umum.

Riuh rendah suara pengunjung yang kebanyakan anak sekolah dan anak-anak kecil yang belajar renang. Ada yang mengganggu mata saya. Kostum yang dipakai anak-anak sekolah dan orang tua yang mendampingi anak-anak belajar renang kebanyakan t shirt dan celana selutut yang biasa dipakai hang out ke mal, baik laki-laki maupun perempuan. Bahannya mulai dari katun sampai jeans.

Mungkin kebiasaan berendam di pantai terbawa di sini. Atau mereka ingin mengkampanyekan acara ‘Laundry bareng murah meriah’ J Sempat terpikir apakah alasan tidak punya dan tidak mampu membeli pakaian renang khusus menjadi alasan untuk berpakaian ala mal atau apa saja sepunya mereka. Atau mungkin perasaan malu dan sungkan kalau berpakaian renang yang dianggap minim bahan. Tapi apakah mengandalkan asumsi sendiri lalu merugikan orang lain, adalah jawaban yang bijaksana?

Bayangkan, kolam renang bukan laut dengan garam yang banyak dipercaya sebagai antiseptic alami. Kolam renang perlu ribuan liter kaporit untuk menetralisir kuman dari orang-orang yang menodainya. Dengan mengenakan pakaian yang lengkap untuk kemudian menjadi basah sekaligus saat berenang, apakah tidak mungkin apa yang telah menempel atau mengkontaminasi pakaian, bisa ikut mencemari air tempat orang lain sedang berenang, termasuk bayi dan anak-anak. Apalagi tingkat ketidakwaspadaan masyarakat kita terhadap kesehatan tak terlampau tinggi, sehingga pintu masuk penularan penyakit terutama penyakit yg ditularkan lewat cairan dan kulit menjadi semakin terbuka.

Tengoklah area bilas. Berapa banyak orang membasuh tubuhnya usai renang dengan sabun dan shampoo secara benar. Malas membawa menjadi salah satu alasan ampuh di kalangan anak remaja. Lalu tanyakan kembali, apakah sesaat setelah kembali ke rumah, mereka akan membersihkan diri dengan sebersih-bersihnya?

Salah seorang teman mengaku area belakang tubuhnya menjadi kudisan karena jarang membilas usai melakukan aktivitas air, baik di kolam maupun di laut. So….?

Kembali ke soal bikini tadi. Suatu hari datanglah seorang ibu paruh baya dan dua anaknya. Sang ibu dan anak gadisnya sama-sama berbikini. Tiba-tiba semua mata menjadi ramai membicarakan seolah aneh berbikini di area kolam renang atau ada yang menganggap tontonan gratis di saat kebanyakan pengunjung berpakaian renang ala mereka.

Namun kalau saya boleh bicara, saya cuma mau bilang. Untuk sang ibu, sepertinya ia perlu berolahraga lebih rutin untuk mengurangi kelebihan lemak di area yang seharusnya tampil lebih seksi. Sementara untuk anak gadisnya, adalah pujian untuk keseksian tubuhnya di antara seantero gadis di area kolam renang.

Terlepas dari ibu dan anak gadisnya tersebut, saya jadi bingung. Ada tiga pernyataan yang mengusik benak dan akal sehat saya.

  1. Apakah wajar berbikini di kolam renang, berapapun usia dan seperti apapun bentuk tubuhnya?
  2. Apakah wajar berpakaian seenaknya seperti untuk hang out ke mal, untuk kemudian nyebur dan berenang di kolam renang?
  3. Dan apakah wajar orang berbikini tapi tidak di kolam renang?

Saya masih terus berpikir…

Sekali lagi saya bukan pemerhati trend maupun pecinta mode.

Saya hanya terusik saja


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: