yukberbagi!


Buat si tukang copas…
25/01/2016, 4:12 pm01
Filed under: Uncategorized

Kalau udah malang melintang di sosmed…minimal udah tau gimana caranya copas status atau fotonya org. Di program aplikasi smartphone pun sampai ada aplikasinya.

Beberapa kali saya segera menegur orang yang copas tanpa ijin, walau  bukan copas karya saya.
Apa sulitnya mencantumkan bhw ini karya dgn tulisan courtesy..ato photo courtesy…ato photo credit…ato taken by…
Atau ya dengan kata2 yg plg sering diucapkan…ijin share yahh… πŸ™‚

Kenapa sih saya jadinya bawel untuk yang satu ini. Kalau saya sih mo belajar respek utk karyanya org. Dan ga keren banget sih di timeline kita isinya copas an status n karya org lain.

Soal copas ini saya jadi teringat sebuah cerita. Seorg remaja…siswa smp dapat tugas buat artikel ttg tokoh nasional. Mulailah ia browsing dan dapatlah ia tokoh sebut saja bapak XYZ. Ia pilih artikel paling panjang… lalu copas tanpa membaca atau mengecek isinya lagi…n….langsung print. Beres sudah!!!
Esok hari saat dikumpulkan, sang guru mengembalikan tugasnya dan langsung menghukumnya. Tahu kenapa karena bapak XYZ yg di copas olehnya itu…ternyata orang Malaysia dengan nama yang sama. Ia malu sekali dan nilainya dikurangi karena tindakan plagiarisme yang dilakukannya

Nah… balik lagi ke sosmed. Memang ga ada yg cek sih apa status atau foto kita itu hasil copas org lain. Tapi…viral dalam sosmed itu luar biasa cepatnya. Bisa aja salah satu temanmu mengenali bahwa status atau fotomu itu adalah karya org lain. Kamu hanya copas. Ih…..kalo saya sih malu banget yah .

Ada cerita teman yg album foto di fb nya berisi karya dan kreasinya dalam pembuatan kue dicopas. Ga tanggung2 yg copas dia juga dari perusahaan besar. Utk kemudian dimasukkan dalam website mereka…waduhhhhh. 
Teman saya itu sedih sekali…karena foto2nya itu sbg media pemasaran produk. Karena yg copas itu perusahaan besar, apa ga kemudian teman saya yang dianggap plagiat. Serba salah jadinya.

Teman yg lain lagi sampai menuntut sebuah situs online utk mencabut resep plus foto yang jelas2 copas kreasi dan jerih payahnya dalam membuat puding.
Padahal..tau ga sih..bhw resep2 di dunia maya ga selalu berhasil. Dari pengalaman saya..Ada ingredients atau bahan yang tidak tercantum. Dengan harapan…si pembaca akan uji coba sendiri jdnya tahu apa yang kurang.

Budaya copas ..IMHO… muncul dari ketidakpercayaan diri untuk unjuk karya. Plus malas lah…Maunya yang instan…yg udah tersedia.
Coba kreasikan sedikit dari apa yang kita copas tentu lebih baik…dan setau saya kreasi baru dari karya copas plus input beberapa hal baru dari kita..itu namanya kreatif.

So milih yg mana; jd plagiat ato lebih kreatif…

πŸ™‚

Advertisements

Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: