yukberbagi!


Sensi…hipo ato hiper?
30/01/2016, 4:12 pm01
Filed under: Uncategorized

Salah satu hal yang bikin individu autistik kayak Arsa rentan dibully adalah karena dalam beberapa hal mereka luar biasa pekanya.

Ga mudah memang utk memahami…karena kita yang org dekatnya aja ga ngerti kenapa anak ini begitu sensi. Ada yg sensi terhadap bunyi2an tertentu (ini Arsa banget). Benturan saat cuci piring aja bisa buat ia marah. Suara derit kursi jg gitu. Suara meletakkan barang aja bisa buat Arsa nutup telinga. Kalau saya pikir pasti sensasi bunyi2an itu tidak membuatnya nyaman. Atau malah menyakitkan telinganya.

Di individu autistik lain..ada juga yg sensi dengan label pada baju…ada yg sensi dengan cahaya berlebihan…ada yg sensi bila bersentuhan.
Tapi demikian sebaliknya. Ada yg begitu cuek saat ada bunyi2an keras. Ada yg maksa berada di antara cahaya2.. ada yg ga nyadar bahaya  benda2 tajam atau awareness di tempat umum.

Ya..katanya sih ini karena di anak2 autistik ada sensor yg dengan stel-an di otak nya… memiliki daya kepekaan yg abnormal. Ada yg hipo…ada yg malah hiper.

Nah utk mengontrol dan mengurangi ..pe ernya luar biasa sulit. Harus kombinasi diet..terapi dan suplemen. Dan tentu saja perlu proses. Ga bisa instan.

Jadi kalo kita2 nih yg ga autistik dan ga ada sensor n fungsi otak yg abnormal…trus sensi nya lebay…atau malah ga tau malu berarti dibikin2 ga ya.??? Entah buat cari perhatian.? Ato buat protes akan sesuatu. Ato malah udah jadi kebiasaan?

Ga perlu dijawab deh…
Met berakhir pekan semua ya

# SelfReminder

Advertisements

Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: