yukberbagi!


Di atas langit masih ada langit..
02/03/2016, 4:12 pm03
Filed under: Uncategorized

Sebuah pepatah yg suka dipake org tua2 untuk ingetin anaknya biar ga sombong.

Tadi sempat baca postingan sebuah status.. seorang ibu single parent yang berawal dari harus mencari nafkah kalau mau tetap hidup bersama 3 anaknya, sampe akhirnya bisa jadi pengusaha roti yang mempekerjakan karyawan.

Ckckck… Kisah perjuangannya itu bikin saya beberapa kali tertunduk malu…
Sambil bergumam..saya belum ada apa2nya…saya belum ada apa2nya.

Mencapai sebuah titik tertentu… sungguh bisa jadi godaan untuk berhenti berbuat. Lulus kuliah..langsung merasa puas. Dapat kerja yang lumayan..langsung merasa puas. Bisa menikah..langsung merasa puas. Bisa punya anak..langsung merasa puas

Ga berarti saya ngomong gini..ga ngajarin untuk bersyukur ya..itu hal lain lagi.
Tapi sungguh ‘berbahaya’ terbuai dengan kepuasan2 kecil kita..apalagi terus merasa udah hebat..udah mapan..n jadi sombong.

Jujur..saya sendiri perlu ingatkan diri sendiri untuk tidak sombong. Sejak tulisan saya dimuat di website BaleBengong..trus diwawancara sana sini ttg bgmn Arsa…trus diminta masukan oleh ortu2 yang masih bingung untuk memfasilitasi anaknya..saya boleh dibilang cukup ‘beken’ sebagai orang tua anak autis yang cukup berhasil mendidik asuh anaknya..di Bali.

Tapi..heiii..masih banyak ortu anak autis di luar sana yg lebih sabar..lebih trampil…plus berhasil mengasuh didik anaknya sehingga layak disejajarkan kemampuannya dengan anak2 reguler lainnya.

Saya masih belum apa2. Saya masih banyak belajar sama mereka.
Kalau lihat Arsa putra autistik saya dengan segala kemandirian atau kelebihannya… ia pelajari banyak hal tersb dari terapi dan sekolah.
Di rumah saya cuma bersikap konsisten dan tegas atas segala hal.
Itu aja saya masih suka emosional..marah atau kesel..kalau perilaku destruktif Arsa tiba2 muncul. Ato saya yg jadinya tantrum karena Arsa daydreaming sehg telat melulu ke sekolah.

Mungkin saya lebih kepo juga untuk sharing tentang Arsa, apa yg dikerjakan plus hal apa yg bisa dicapainya .
Jujur bukan buat sombong ato pamer. Tapi lebih sbg reminder kepd ortu lain..ayo fasilitasi anaknya..perbaiki kekurangannya..kembangkan kelebihannya.

Saya masih dan mau banyak belajar ttg autistik..apalagi Arsa udh abegeh sekarang. Sering ngeyel2an berdua. Ribut2 pun biasa diakhiri isak tangis Arsa yg lagi ababil.

Untuk itu saya ga boleh berhenti di satu tahap aja.
Untuk itu saya ga boleh sombong.
Untuk itu saya masih harus belajar dari ibu2 lain.

Inget deh Vy…di atas langit masih ada langit.
You’re not the only one.