yukberbagi!


What’s on your mind? Bla..bla..ble..ble..
28/03/2016, 4:12 am03
Filed under: Uncategorized

Waktu cek chat grup sahabat td pagi..tau2 baca kayak gini 

“gw itu yah belajar banget dari lu berdua lu, vy. lu punya anak berkebutuhan khusus yang menurut gw itu udah pasti susah banget dah ngadepin mereka, nah gw itu hampir ngga denger keluhan menyek2 dari lu berdua. lu capek kesel, ya wajarlah. tapi untuk orang yang menghadapi masalh kayak lu berdua, lu berdua itu hampir ngga ada mengeluhnya. nah lu juga na. masalah lu gede banget tapi keluhan lu sangat sedikit. ini kok lu pada bisa kayak begitu. religius juga ngga hahaha

Ceritanya kita tuh sahabat dengan problematika masing-masing. Ga ada yang lebih besar ato lebih kecil masalahnya…karena emang ga pernah mo ngitungin.

He..he..cerita soal sahabat2 saya itu ga bijak ya kalo saya share di sini! Yang jelas i’ve known them as a smart and great warrior and i’ve proud to be part of their life.

Ini saya cuma mo komenin bagian saya aja. Terserah dibilang show off ato ga.. saya cuma mo share bahwa saya manusia biasa kok..belum sempurna dan jadi Budha. Cuma mungkin saya terlahir sebagai warrior (bener sih..saya pernah diniatkan untuk diaborsi krn kondisi khusus..tp saya bisa hidup sampe sekarang) ..dan jadinya sekarang saya ibu yg stubborn kelewatan kalo soal asuh didik anak.

Soal ngeluh ato nggak punya Arsa yang berkebutuhan khusus…ga ada yang tahu kan. Cerita menye2 saya waktu berproses sama Arsa cukup  saya tulis di sebuah web jurnalisme warga…yg saat proses editingnya sukses buat si mas editor ikut nangis. Puk..puk…mas nya deh.
Tapi kisah itu malah jadi media saya untuk memberi semangat orang2 yg juga berpengalaman yang sama dengan kadar berbeda2.

Hmmm…jujur saya malah mo nangis dengerin curhat bunda2 yang masih harus kerja keras buat anak-anaknya. Banyak di antara mereka single mom…ato jadi tulang punggung keluarga. Ada juga bunda yang sekaligus harus berjuang untuk kesembuhan penyakit yang dideritanya. Ada yang terbentur masalah biaya untuk terapi anaknya. Ada yang di daerah yang tak ada akses untuk anaknya terapi padahal usia anaknya terus bertambah. Saya kadang bingung kalo dicurhati begini. Saya cuma bisa terus memberi semangat..memberi saran sederhana. Kalo denger curhat mereka..i’m nobody. Karena saya paham betul rasanya.

Punya anak ‘normal’ yang sedang sakit aja bisa buat hari-hari kita galau..maunya ambil cuti kerja terus. Apalagi kalo anak kita berkebutuhan khusus..terus berperilaku menyakiti diri sendiri atau terus tantrum..saat kita mau tak mau harus berjualan untuk menyambung hidup hari itu.
Pfiuuuuhhhh…. saya ga mo lebay..tapi kenyataannya ada yang kayak gitu. Mereka struggle tapi mereka survive.
Saya rasa karena mo mengeluh pun udah ga sempat. Mo menye2 ga buat anaknya tiba2 berubah.
Jadi..hadapi saja… kuatkan hati saja.

Yup…dalam hidup trus aja ada masalah kan. Ga ada yang mulus2 aja. Ga ada yang selalu sempurna.
Kalo boleh curcol…saya mau kok curcol tiap saat. Kalo bisa ngeluh..  saya mau2 aja ngeluh…apalagi di sosmed.
Waktu Arsa ga saya mengerti. Waktu rumah berantakan dan saya yg lagi PMS mau ga mau kudu beresin. Waktu saya lagi konflik dengan ibunda. Waktu ngalamin hal yg ga menyenangkan di tempat umum. Waktu bersitegang dengan teman di tempat kerja.

Tapi buat apa ? Buat ngademin hati saya aja yang lagi ‘panas’? Buat tumpah ruah kekesalan saya? Trus masalah jadi dadakan beres?
Kalo sekali2 doang sih its ok. Tapi setiap saat jadi complainer?
Hal2 ga penting dan ga bermanfaat bagi sesama…apa perlu dicurcolin juga..di sosmed lagi?
Biar tuh fb nanya what’s on your mind..ga segitunya juga kalee.
Toh bisa cerita juga kan hal2 yg positif.

Cari solusi dulu deh… cari teman bicara ato diskusi (temennya ga cuma di sosmed kan). Selesaikan masalahnya dulu… trus baru deh cerita di sosmed gimana selesain masalahnya. Ato kalo ga bisa slesein…bisa juga bertanya sekiranya ada yg bisa bantu. Minimal dengan demikian…kita udah selangkah lebih maju. Udah ga cuma dikenal sebagai tukang ngeluh ato curcol doang.

Saya rasa hidup kita jadi lebih bernilai…biar pun kita belum pernah berkarya apa2.

*catatan: kecuali situ emang mo jd seleb sosmed ato gerombolan haterz..itu terserah deh mo curcol 100x sehr jg boleh*

Tapi yang jelas..kalimat terakhir itu…That’s not me! That’s not my friends yg truly a warriors!

Foto yg sy upload ini moga bisa mengilustrasikannya.
Life is never unfair..is never always beautiful. Wanna dance in it… just dance and make your’s “the only one” live beautiful.

image


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: